RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD
Tema :
|
Kelas/semester: v/1
|
Mata Pelajaran
:Iilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Waktu
: 2 x 35 mnt
|
Standar kompetensi
(SK)
Kompetensi Dasar
(KD)
Materi Pembelajaran
Indikator
Tujuan
Sumber Belajar
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan Islam ,keragaman kenampakan
alam an sukubangsa,serta kegiatan ekonomi diIndonesia
1.1.Mengenal makna peninggalan –peninggalan sejarah
yang berskala nasional dari masa Hindu,Budha ,dan Islam diIndonesia
Bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu
1.1.1.
Mengidentifikasi bukti-bukti
peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
Siswa dapat mengidentifikasi buki-bukti peninggalan
Hindu diIndonesia melalui gambar dan sumber lainnya
Buku Pelajaran IPS Kelas V
Gambar
|
No
|
Langkah pembelajaran
|
Metode /Organisasi
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
|
Kegiatan awal
|
|
|
1
|
Menyimak informasi tentang tujuan ,kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan
|
K
|
3
|
2
|
Curah pendapat tentang berbagai agama di Indonesia
|
K
|
3
|
|
|
|
|
|
Kegiatan inti
|
|
|
3
|
Mempelajari gambar bukti-bukti peninggalan sejarah
Hindu di Indonesia
|
G
|
5
|
4
|
Mendiskusikan latar belakang bukti – bukti
peninggalan sejarah Hindu di Indonesia (LK terlampir)
|
G
|
20
|
5
|
Melaporkan hasil kegiatan diskusi dan kelompok lain
member tanggapan
|
G
|
10
|
6
|
Membuat daftar bukti-bukti peninggalan Hindu
diIndonesia
|
I
|
7
|
7
|
Menyimpulkan materi dan penguatan –penguatan
|
K
|
5
|
|
|
|
|
|
Kegiatan akhir
|
|
|
9
|
Pesan-pesan moral
|
k
|
3
|
10
|
Penilaian
|
I
|
7
|
11
|
Tindak lanjut :Membuat kliping bukti –bukti
peninggalan sejarah Hindu
|
I
|
2
|
Penilaian :Disiplin ,kerjasama
,gagasan /ide
Proses/Kinerja :Identifikasi bukti-bukti
peninggalan sejarah Hindu diIndonesia didalam kelompokmu,kemudian laporkan
hasilnya
|
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
( ) ( )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD
Tema :
|
Kelas/semester: V /2
|
Mata Pelajaran
:Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Waktu
: 2 x 35 mnt
|
Standard Kompetensi
(SK)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Tujuan
Sumber
belajar
|
Menghargai berbagiai peninggalan dan tokoh sejarah
yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan
alam dan suku bangsa,serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.5.Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi
di Indonesia
Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi diIndonesia
1.5.1.Mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi diIndonesia
·
Siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang ada diIndonesia
·
Siswa dapat mendeskripsikan
kegiatan ekonomi di Indonesia dalam bidang perdagangan
Buku pelajaran IPS Kelas V
·
Gambar-gambar kegiatan usaha
|
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
|
Kegiatan Awal
|
|
|
1
|
Menyimak informasi tentang tujuan ,kegiatan dan
penilaian yang akan dilaksanakan
|
K
|
5
|
2
|
Bertanya jawab tentang kegiatan usaha yang dikelola
masyarakat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
|
K
|
5
|
|
|
|
|
|
Kegiatan inti
|
|
|
1
|
Membaca buku pelajaran IPS kelas 5 tentang jenis
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
I
|
5
|
2
|
Menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi diIndonesia
|
G
|
10
|
3
|
Masing-masing kelompok saling melempar pertanyaan
untuk dijawab kelompok lain
|
G
|
15
|
4
|
Jawaban setiap pertanyaan dituliskan dipapan tulis
|
G
|
10
|
5
|
Membuat daftar jenis-jenis usaha dan kegiatan
ekonomi diIndonesia dari jawaban siswa dipapan tulis
|
I
|
10
|
6
|
Penguatan Materi
|
k
|
5
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Akhir
|
|
|
1
|
Pesan moral
|
k
|
5
|
2
|
Penilaian
|
k
|
5
|
Penilaian proses / kinerja : Disiplin
,Kerjasama,Gagasan /Ide
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas,
( ) ( )
LEMBAR KERJA
Pelajarilah salah satu gambar bukti sejarah
Hindu di Indonesia kemudian diskusikan latar belakang sejarahnya
Bukti Peninggalan Sejarah Hindu
|
Tempat /Lokasi
|
Waktu ditemukan
|
|
|
|
Lampiran 2
LEMBAR PENILAIAN KERJA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Disiplin
|
Gagasan/Ide
|
|||
|
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian :
Kerjasama
|
Disiplin
|
Gagasan / Ide
|
01-10 kurang
|
1-10 kurang
|
1-10 kurang
|
11-20 Cukup
|
11-20 cukup
|
11-20 cukup
|
21-30 baik
|
21-30 baik
|
21-30 baik
|
DOSEN :
BPK.H.
SUHAYA .DRS .MM
NAMA:
HELMy CHIMON
100 50 100
98
4C / FKIP
EKONOMI
(SORE)
FAKULTAS
KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIIVERSITAS
SYEKH YUSUF TANGERANG
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar