SILABUS
Nama Sekolah : SDN TANAH TINGGI 7
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester :Kelas V / 1
(satu)
Standard Kompetensi :Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu
,Budha ,dan Islam ,keragaman kenampakkan alam dan suku bangsa ,serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber /bahan / Alat
|
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan
sejarah yang berskala nasional dari
masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
Peninggalan-peninggalan sejarah hindu di Indonesia
|
Pertemuan I :
·
Mencari informasi bukti-bukti
peninggalan sejarah Hindu di Indonesia melalui berbagai sumber belajar.
·
Mengamati gambar- gambar
/film peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·
Mendiskusikan tentang
bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·
Membuat daftar bukti
peninggalan sejarah yang bercorak hindu di Indonesia
|
1.1.1
Mengidentifikasi bukti –bukti
peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
1.1.2
Menyebutkan peninggalan
Sejarah pada masa Hindu- Budha
|
·
Tes tertulis
·
Skala sikap
|
10 x 35 menit
|
Sumber :
·
Buku IPS kelas V
·
Lingkungan
·
Narasumber
Alat :
·
Peta Indonesia
·
Gambar-gambar peninggalan
sejarah Hindu
|
|
|
Pertemuan II:
·
Mengidentifikasi tempat
·
Peninggalan sejarah yang
berskala nasional dari masa Hindu di Indonesia
·
Menunjukkan tempat
peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu diindonesia
|
1.1.3 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah
yang berskala nasional dari masa Hindu diIndonesia
|
|
|
|
|
|
Pertemuan III:
·
Membaca buku IPS Kelas IV
tentang makna peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·
Mendiskusikan makna
peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·
Menjelaskan makna peninggalan
Hindu di Indonesia
|
1.1.4 menjelaskan makna dari peninggalan sejarah
hindhu di Indonesia
|
·
Tes tertulis
·
Skala sikap
|
|
|
|
Peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia
|
Pertemuan IV:
·
Mencari Informasi bukti-bukti
peninggalan budha diIndonesia melalui berbagai sumber belajar
·
Mengamati gambar-gambar /film
peninggalan sejarah budha diIndonesia
·
Mendiskusikan tentang
bukti-bukti peninggalan sejarah budha di Indonesia
·
Membuat daftar bukti
peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
|
1.1.4 Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan
sejarah Budha di Indonesia
|
|
|
|
|
|
Pertemuan V:
·
Bertanya jawab tentang tempat
peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Budha diIndonesia
·
Menuliskan tempat-tempat peninggalan
sejarah yang berskala nasional dari masa Budha di sejarah yang berskala
nasional dari masa islam di Indonesia pada peta
|
1.1.5 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah
yang berskala nasional dari masa Budha di Indonesia
|
|
|
|
|
|
Pertemuan VI :
·
Membaca buku sumber tentang
peninggalan sejarah islam diindonesia
·
Mendiskusikan makna
peninggalan sejarah Islam diIndonesia
·
Menjelaskan makna peninggalan
sejarah Islam di Indonesia
|
1.1.9. Menjelaskan makna dari peninggalan sejarah
Islam di Indonesia
|
|
|
|
1.2.Menceritakan tentang tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu ,Budha dan Islam diIndonesia
|
|
·
Membaca buku IPS ke las lima
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
·
Wawancara dengan narasumber tentang tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu di Indonesia
·
Membuat daftar nama
tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu di Indonesia
|
1.2.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu di Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku IPS kelas lima
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia
·
Mendiskusikan peran
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
·
Menceritakan peran
tokoh-tokoh pada masa Hindu diIndonesia
|
1.2.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku IPS kelas lima
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha di Indonesia
·
Wawancara dengan narasumber
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
·
Menunjukkan tempat
peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa budha diIndonesia pada
peta.
|
1.2.3. mengidentifikasi tokoh –tokoh sejarah pada
masa budha diIndonesia
|
|
|
|
|
|
Pertemuan X:
·
Membaca buku sumber tentang
peninggalan sejarah Budha di Indonesia
·
Mendiskusikan makna
peninggalan sejarah Budha diIndonesia
·
Menjelaskan makna peninggalan
sejarah Budha di Indonesia
|
1.1.6. Menjelaskan makna dari peninggalan sejarah
Budha diIndonesia
|
|
|
|
|
Peninggalan-peninggalan islam di
Indonesia
|
Pertemuan VII:
·
Mencari Informasi bukti-bukti
peninggalan sejarah Islam diIndonesia melalui berbagai sumber belajar
·
Mengamati gambar-gambar /film
peninggalan sejarah Islam diindonesia
·
Mendiskusikan tentang
bukti-bukti peninggalan sejarah Islam
di Indonesia
·
Membuat daftar bukti
peninggalan sejarah yang bercorak Islam diIndonesia
|
1.1.7. mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan
sejarah Islam di Indonesia
|
|
|
|
|
|
Pertemuan VIII:
·
Bertanya jawab tentang tempat
peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Islam diIndonesia
·
Menuliskan tempat-tempat
peninggalan sejarah yang berskala
nasional dari masa Islam diindonesia
·
Menunjukkan tempat
peninggalan
·
Membuat daftar nama
tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
|
1.1.8 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah
yang berskala nasional dari masa Islam diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku IPS kelas lima
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
·
Mendiskusikan tentang peran
tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diindonesia
·
Menceritakan peran
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
|
1.2.4 Menceritakan tokoh – tokoh sejarah pada masa
budha diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku IPS kelas lima
tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa islam diIndonesia
·
Wawancara dengan narasumber tentang
tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
·
Membuat daftar nama
tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia
|
1.2.5. Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada
masa islam di Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku IPS kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada
masa Islam diIndonesia
·
Mendiskusikan tentang peran
tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
·
Menceritakan peran
tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
|
1.2.6. menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
islam diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Wawancara dengan narasumber
tentang tokoh-tokoh masa Hindu,budha,dan Islam
·
Melihat tayangan video
tentang tokoh-tokoh sejarah dan peninggalan –peninggalan masa Hindu,Budha
,dan Islam
|
1.2.7 Menjelaskan cara menghargai perjuangan para
tokoh Hindu ,Budha dan Islam
diindonesia
|
|
|
|
1.3 Mengenal Keragaman kenampakkan alam dan buatan
serta pembagian wilayah waktu diIndonesia dengan menggunakan peta /globe/
atlas,dan media lainnya
|
Kenampakkan alam di Indonesia
|
·
Membawa buku/ referensi lainnya tentang kenampakkan alam
diIndonesia.
·
Mempelajari peta/atlas/globe
untuk mengidentifikasi kenampakan alam di Indonesia
·
Mendiskusikan cir-ciri
kenampakkan alam yang ada di Indonesia
|
1.3.1. Mengidentifikasi kenampakan alam pada
peta/atlas/globe, dan media lainnya
|
|
|
|
|
|
·
Bertanya jawab tentang
keragaman kenampakan alam buatan diindonesia
melalui peta /globe/atlas
·
Menceritakan keragaman
kenampakan alan diIndonesia
|
1.3.4. mendeskripsikan keragaman kenampakan buatan
di Indonesia
|
|
|
|
|
Pembagian wilayah waktu di Indonesia
|
·
Membaca buku sumber
/referensi tentang penyebab terjadinya pembagian wilayah waktu diindonesia
·
Bertanya jawab tentang
penyebab terjadinya pembagian wilayah waktu diIndonesia
·
Mendiskusikan dengan
kelompok tentang penyebab terjadinya
pembagian wilayah di Indonesia
·
Menjelaskan Penyebab
terjadinya pembagian wilayah di Indonesia
|
1.3.5. menjelaskan penyebab terjadinya pembagian
wilayah waktu diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mempelajari peta/atlas/globe
untuk mengidentifikasi propinsi yang termasuk wilayah Indonesia
timur,tengah,barat
·
Membuat daftar propinsi yang
termasuk wilayah Indonesia timur,tengah ,barat.
·
Menunjukkan letak propinsi
yang termasuk wilayah Indonesia timur ,tengah,dan barat pada peta/atlas/globe
|
1.3.6 Mengidentifikasi provinsi yang termasuk wilayah Indonesia
timur ,tengah dan barat pada peta /atlas/globe , dan media lainnya.
|
|
|
|
|
|
·
Membaca buku sumber
/referensi tentang perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur,tengah ,dan
barat
·
Bertanya jawab tentang
perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur,Tengah ,dan Barat
·
Mendiskusikan perbedaan waktu
antara wilayah Indonesia Timur ,Tengah dan Barat.
|
1.3.7.Menjelaskan perbedaan waktu antara wilayah
Indonesia Timur,Tengah,dan Barat
|
|
|
|
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa , dan budaya
diindonesia
|
Suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
·
Membaca sumber /referensi
tentang keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·
Bertanya jawab tentang contoh
keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·
Mendiskusikan contoh
keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
|
1.4.1. Mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan
budaya bangsa diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mendiskusikan cara menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
·
Bertanya jawab tentang cara
menghargai keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·
Menceritakan contoh cara
menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
|
1.4.2. Menceritakan cara menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya diIndonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mendiskusikan keragaman
budaya yang ada diIndonesia
·
Curah pendapat tentang cara
menghargai dan melestarikan keragaman budaya Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
·
Mempelajari gambar berbagai
kegiatan budaya Indonesia
·
Mendiskusikan berbagai
kegiatan budaya diIndonesia
·
Menceritakan berbagai
kegiatan budaya diIndonesia
|
1.4.4. Mendeskripsikan kegiatan budaya diIndonesia
|
|
|
|
1.5.Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi
diIndonesia
|
Jenis Usaha dan kegiatan ekonomi diindonesia
|
·
Wawancara dengan nara sumber
tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang ada diLingkungan
·
Membaca buku IPS kelas
lima/referensi lainnya tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi
diIndonesia
·
Membuat daftar usaha-usaha
dan kegiatan ekonomi diIndonesia
|
1.5.1.mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Wawancara dengan nara sumber
tentang kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dilingkungan sekitar
·
Mendiskusikan tentang
jenis-jenis usaha yang dikelola secara individu
·
Menyebutkan jenis-jenis usaha
yang dikelola secara individu
|
1.5.2.Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola
secara Individu
|
|
|
|
|
|
·
Wawancara denga nara sumber tentang kegiatan ekonomi
yang dikelola secara kelompok di lingkungan sekitar
·
Mendiskusikan tentang
jenis-jenis usaha yang dikelola secara kelompok
·
Menyebutkan jenis-jenis usaha
yang dikelola secara kelompok
|
1.5.3 Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola
secara kelompok
|
|
|
|
|
|
·
Mendiskusikan perbedaan jenis
usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·
Melakukan wawancara dengan
narasumber tentang kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dan
kelompok
·
Menjelaskan perbedaan usaha
yang dikelola secara individu dan kelompok
|
1.5.4 Menjelaskan perbedaan usaha yang dikelola
secara individu dan kelompok
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati video tentang
proses kegiatan usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·
Mendiskusikan proses kegiatan
usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·
Menceritakan salah satu
contoh kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dan kelompok
|
1.5.5. Mendeskripsikan salah satu contoh kegiatan
ekonomi yang dikelola secara individu dan kelompok
|
|
|
|
SILABUS
Nama Sekolah : SDN TANAH TINGGI 7
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/ Semester : Kelas V /2 (Dua)
Standar kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Kompetensi dasar
|
Materi pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan /Alat
|
2.1. Mendeskripsikan perjuanag para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda atau Jepang
|
|
|
2.1.1.Mengidentifikasi tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
|
|
|
|
|
|
|
2.1.2 Menceritakan perjuangan yang dilakukan para
tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan Jepang
|
|
|
|
|
|
|
2.1.3 Mendeskripsikan penderitaan rakyat pada masa penjajahan
Belanda dan Jepang
|
|
|
|
|
|
|
2.1.4 Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh
penduduk penjajah Belanda dan Jepang diIndonesia
|
|
|
|
2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan
dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
2.2.1 Menyebutkan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
2.2.2. Mengidentifikasi peran para tokoh perjuangan
dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
2.2.3. Memberikan contoh cara menghargai jasa tokoh
pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
2.3.Menghargai jasa dan peranan tokoh dala
memproklamasikan kemerdekaan
|
|
|
2.3.1.Mengidentifikasi tokoh –tokoh perjuangan
Indonesia yang terlibat dalam proses kemerdekaan
|
|
|
|
|
|
|
2.3.2. Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
2.3.3 Memberikan contoh cara menghargai jasa tokoh
pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam
mempertahanka kemerdekaan
|
|
|
2.4.1. Mengidentifikasi tokoh-tokoh perjuangan
Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|
|
|
|
2.4.2. Menjelaskan perjuangan yang dilakukan para
tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|
|
|
|
2.4.3. memberikan contoh cara menghargai pejuang
para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar