Senin, 14 Mei 2012

Contoh silabus IPS terpadu


SILABUS
Nama Sekolah                 : SDN TANAH TINGGI 7
Mata Pelajaran                 : IPS
Kelas / Semester              :Kelas  V / 1 (satu)
Standard Kompetensi    :Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu ,Budha ,dan Islam ,keragaman kenampakkan alam dan suku bangsa ,serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber /bahan / Alat
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah  yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Peninggalan-peninggalan sejarah hindu di Indonesia
Pertemuan I :
·         Mencari informasi bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia melalui berbagai sumber belajar.
·         Mengamati gambar- gambar /film peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·         Mendiskusikan tentang bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·         Membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang bercorak hindu di Indonesia
1.1.1          Mengidentifikasi bukti –bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
1.1.2          Menyebutkan peninggalan Sejarah pada masa Hindu- Budha
·         Tes tertulis
·         Skala sikap
10 x 35 menit
Sumber :
·         Buku IPS kelas V
·         Lingkungan
·         Narasumber
Alat :
·         Peta Indonesia
·         Gambar-gambar peninggalan sejarah Hindu


Pertemuan II:
·         Mengidentifikasi tempat
·         Peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu di Indonesia
·         Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu diindonesia
1.1.3 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu diIndonesia





Pertemuan III:
·         Membaca buku IPS Kelas IV tentang makna peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
·         Mendiskusikan makna peninggalan  sejarah Hindu di Indonesia
·         Menjelaskan makna peninggalan Hindu di Indonesia
1.1.4 menjelaskan makna dari peninggalan sejarah hindhu di Indonesia
·         Tes tertulis
·         Skala sikap



Peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia
Pertemuan IV:
·         Mencari Informasi bukti-bukti peninggalan budha diIndonesia melalui berbagai sumber belajar
·         Mengamati gambar-gambar /film peninggalan sejarah budha diIndonesia
·         Mendiskusikan tentang bukti-bukti peninggalan sejarah budha di Indonesia
·         Membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
1.1.4 Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia












Pertemuan V:
·         Bertanya jawab tentang tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Budha diIndonesia
·         Menuliskan tempat-tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Budha di sejarah yang berskala nasional dari masa islam di Indonesia pada peta
1.1.5 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Budha di Indonesia










Pertemuan VI :
·         Membaca buku sumber tentang peninggalan sejarah islam diindonesia
·         Mendiskusikan makna peninggalan sejarah Islam diIndonesia
·         Menjelaskan makna peninggalan sejarah Islam di Indonesia
1.1.9. Menjelaskan makna dari peninggalan sejarah Islam di Indonesia















1.2.Menceritakan tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu ,Budha dan Islam diIndonesia

·         Membaca buku IPS ke las lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
·         Wawancara dengan  narasumber tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia
·         Membuat daftar nama tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu di Indonesia

1.2.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia






·         Membaca buku IPS kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia
·         Mendiskusikan peran tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
·         Menceritakan peran tokoh-tokoh pada masa Hindu diIndonesia
1.2.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia





·         Membaca buku IPS kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha di Indonesia
·         Wawancara dengan narasumber tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
·         Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa budha diIndonesia pada peta.
1.2.3. mengidentifikasi tokoh –tokoh sejarah pada masa budha diIndonesia





Pertemuan X:
·         Membaca buku sumber tentang peninggalan sejarah Budha di Indonesia
·         Mendiskusikan makna peninggalan sejarah Budha diIndonesia
·         Menjelaskan makna peninggalan sejarah Budha di Indonesia

1.1.6. Menjelaskan makna dari peninggalan sejarah Budha diIndonesia




Peninggalan-peninggalan islam di
Indonesia
Pertemuan VII:
·         Mencari Informasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam diIndonesia melalui berbagai sumber belajar
·         Mengamati gambar-gambar /film peninggalan sejarah Islam diindonesia
·         Mendiskusikan tentang bukti-bukti peninggalan sejarah  Islam di Indonesia
·         Membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang bercorak Islam diIndonesia
1.1.7. mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia





Pertemuan VIII:
·         Bertanya jawab tentang tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Islam diIndonesia
·         Menuliskan tempat-tempat peninggalan sejarah  yang berskala nasional dari masa Islam diindonesia
·         Menunjukkan tempat peninggalan
·         Membuat daftar nama tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
1.1.8 Menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Islam diIndonesia





·         Membaca buku IPS kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diIndonesia
·         Mendiskusikan tentang peran tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha diindonesia
·         Menceritakan peran tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu diIndonesia
1.2.4 Menceritakan tokoh – tokoh sejarah pada masa budha diIndonesia





·         Membaca buku IPS kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa islam diIndonesia
·         Wawancara dengan narasumber tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
·         Membuat daftar nama tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia
1.2.5. Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada masa islam di Indonesia





·         Membaca buku IPS  kelas lima tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
·         Mendiskusikan tentang peran tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia
·         Menceritakan peran tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam diIndonesia

1.2.6. menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa islam diIndonesia





·         Wawancara dengan narasumber tentang tokoh-tokoh masa Hindu,budha,dan Islam
·         Melihat tayangan video tentang tokoh-tokoh sejarah dan peninggalan –peninggalan masa Hindu,Budha ,dan Islam
1.2.7 Menjelaskan cara menghargai perjuangan para tokoh Hindu ,Budha  dan Islam diindonesia



1.3 Mengenal Keragaman kenampakkan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu diIndonesia dengan menggunakan peta /globe/ atlas,dan media lainnya
Kenampakkan alam di Indonesia
·         Membawa buku/ referensi  lainnya tentang kenampakkan alam diIndonesia.
·         Mempelajari peta/atlas/globe untuk mengidentifikasi kenampakan alam di Indonesia
·         Mendiskusikan cir-ciri kenampakkan alam yang ada di Indonesia
1.3.1. Mengidentifikasi kenampakan alam pada peta/atlas/globe, dan media lainnya





·         Bertanya jawab tentang keragaman kenampakan alam  buatan diindonesia melalui peta /globe/atlas
·         Menceritakan keragaman kenampakan alan diIndonesia
1.3.4. mendeskripsikan keragaman kenampakan buatan di Indonesia




Pembagian wilayah waktu di Indonesia
·         Membaca buku sumber /referensi tentang penyebab terjadinya pembagian wilayah waktu diindonesia
·         Bertanya jawab tentang penyebab terjadinya pembagian wilayah waktu diIndonesia
·         Mendiskusikan dengan kelompok  tentang penyebab terjadinya pembagian wilayah di Indonesia
·         Menjelaskan Penyebab terjadinya pembagian wilayah di Indonesia
1.3.5. menjelaskan penyebab terjadinya pembagian wilayah waktu diIndonesia





·         Mempelajari peta/atlas/globe untuk mengidentifikasi propinsi yang termasuk wilayah Indonesia timur,tengah,barat
·         Membuat daftar propinsi yang termasuk wilayah Indonesia timur,tengah ,barat.
·         Menunjukkan letak propinsi yang termasuk wilayah Indonesia timur ,tengah,dan barat pada peta/atlas/globe
1.3.6 Mengidentifikasi provinsi yang termasuk wilayah Indonesia timur ,tengah dan barat pada peta /atlas/globe , dan media lainnya.






·         Membaca buku sumber /referensi tentang perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur,tengah ,dan barat
·         Bertanya jawab tentang perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur,Tengah ,dan Barat
·         Mendiskusikan perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur ,Tengah dan Barat.
1.3.7.Menjelaskan perbedaan waktu antara wilayah Indonesia Timur,Tengah,dan Barat



1.4. Menghargai keragaman suku bangsa , dan budaya diindonesia
Suku bangsa dan budaya di Indonesia
·         Membaca sumber /referensi tentang keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·         Bertanya jawab tentang contoh keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·         Mendiskusikan contoh keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
1.4.1. Mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya bangsa diIndonesia 





·         Mendiskusikan cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
·         Bertanya jawab tentang cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia
·         Menceritakan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
1.4.2. Menceritakan cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia





·         Mendiskusikan keragaman budaya yang ada diIndonesia
·         Curah pendapat tentang cara menghargai dan melestarikan keragaman budaya Indonesia






·         Mempelajari gambar berbagai kegiatan budaya Indonesia
·         Mendiskusikan berbagai kegiatan budaya diIndonesia
·         Menceritakan berbagai kegiatan budaya diIndonesia
1.4.4. Mendeskripsikan kegiatan budaya diIndonesia



1.5.Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi diIndonesia
Jenis Usaha dan kegiatan ekonomi diindonesia
·         Wawancara dengan nara sumber tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang ada diLingkungan
·         Membaca buku IPS kelas lima/referensi lainnya tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi diIndonesia
·         Membuat daftar usaha-usaha dan kegiatan ekonomi diIndonesia
1.5.1.mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia





·         Wawancara dengan nara sumber tentang kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dilingkungan sekitar
·         Mendiskusikan tentang jenis-jenis usaha yang dikelola secara individu
·         Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola secara individu
1.5.2.Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola secara Individu





·         Wawancara  denga nara sumber tentang kegiatan ekonomi yang dikelola secara kelompok di lingkungan sekitar
·         Mendiskusikan tentang jenis-jenis usaha yang dikelola secara kelompok
·         Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola secara kelompok
1.5.3 Menyebutkan jenis-jenis usaha yang dikelola secara kelompok





·         Mendiskusikan perbedaan jenis usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·         Melakukan wawancara dengan narasumber tentang kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dan kelompok
·         Menjelaskan perbedaan usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
1.5.4 Menjelaskan perbedaan usaha yang dikelola secara individu dan kelompok





·         Mengamati video tentang proses kegiatan usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·         Mendiskusikan proses kegiatan usaha yang dikelola secara individu dan kelompok
·         Menceritakan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dan kelompok
1.5.5. Mendeskripsikan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang dikelola secara individu dan kelompok




SILABUS
Nama Sekolah                    :  SDN TANAH TINGGI 7
Mata Pelajaran                   : IPS
Kelas/ Semester                 :  Kelas V /2 (Dua)
Standar kompetensi            :  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Kompetensi dasar
Materi pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan /Alat
2.1. Mendeskripsikan perjuanag para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda atau Jepang


2.1.1.Mengidentifikasi tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang






2.1.2 Menceritakan perjuangan yang dilakukan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan Jepang






2.1.3 Mendeskripsikan penderitaan rakyat pada masa penjajahan Belanda dan Jepang






2.1.4 Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh penduduk penjajah Belanda dan Jepang diIndonesia



2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia


2.2.1 Menyebutkan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia






2.2.2. Mengidentifikasi peran para tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia






2.2.3. Memberikan contoh cara menghargai jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia



2.3.Menghargai jasa dan peranan tokoh dala memproklamasikan kemerdekaan


2.3.1.Mengidentifikasi tokoh –tokoh perjuangan Indonesia yang terlibat dalam proses kemerdekaan






2.3.2. Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia






2.3.3 Memberikan contoh cara menghargai jasa tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia



2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahanka kemerdekaan


2.4.1. Mengidentifikasi tokoh-tokoh perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan






2.4.2. Menjelaskan perjuangan yang dilakukan para tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan






2.4.3. memberikan contoh cara menghargai pejuang para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar