Profil Perusahaan
Restoran ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald's pada tahun
1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu McDonald's hanya merupakan
restoran Drive In yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In.
Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan
dapurnya dan tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua
bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka,
yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan.
Fokus pengembangannya adalah pada kecepatan pelayanan yang diharapkan akan
meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah
kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini juga telah memiliki logo
sendiri yaitu The Golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter yang
merupakan seorang perancang neonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan
berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung mencerminkan
huruf “M” dari McDonald's. Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada bisnis
Drive In dan McDonald's bersaudara ini mengalami kesulitan dalam berorganisasi
dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.
Dan saat itulah mereka bertemu dengan seseorang yang bernama Ray Kroc. Ray
Kroc lah yang membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha
tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah
yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang
pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan
pengembangan restoran melalui konsep fast food.
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba).
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba).
Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita
saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan
seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian
mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan
yang akan berliansi. Jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an,
produk-produk burger McDonald's yang merupakan produk-produk fast food,
didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's ini
mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian.
Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation
Checklist) untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat
ketat, yaitu lemak dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion
0,23 ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis, Kroc juga
memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. Sistem inilah
yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Untuk itulah
profesionalisme harus diterapkan. Dalam paradigma yang baru setiap operator dan
pewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan
manajemen professional.
Maka pada tahun 1961, Kroc meluncurkan program pelatihan yang kemudian
dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk
Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara
ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek
operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality,
Service, Cleanliness, and Value). Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200
restoran di seluruh Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc telah
membeli saham perusahaan dari McDonald's bersaudara dengan hampir senilai US$
3.000.000,00.
Perusahaan fast food McDonald's ini terus mengembangkan jaringan
waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini McDonald's Corporation
bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000
restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau
sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini
menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar
di dunia.
2. McDonald’s Indonesia
Restoran McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.
Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran
McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke
tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22
Februari 1991, restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan
mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam
10 tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia
telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai sekitar
8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA.
3 foto pendiri McDonald's
Dick McDonald
Mac McDonald
Ray Kroc
3.2 VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN
3.2.1 Visi Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
a.Untuk McDonald's Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b.Untuk Pelanggan Menjadi terbaik berarti melayani
pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk
McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di
seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c.Untuk Komunitas DiSekitar McDonald's Menjadi terbaik
berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka
karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan
tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan
McDonald's.
d.Untuk Pemilik Menjadi terbaik berarti memberikan
peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari
bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang
baik.
e.Untuk Karyawan Menjadi terbaik berarti memberikan
peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan
pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
f.Untuk Suppliers Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g.Untuk Pemegang Saham Menjadi terbaik berarti
berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri
ini.
h.Untuk Alliance Partners Menjadi terbaik berarti
bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di
dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin
kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
3.2.2 Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
3.2.3 Tujuan Perusahaan
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d. Restorandimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik
dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada
pemilik, pemasok barang dan perusahaan.
3.3 MARKETING MIX PERUSAHAAN
3.3.1 Produk
McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah perincian produk yang ditawarkan :
a. Paket Hemat (PaHe), yaitu merupakan paket yang terdiri dari 1 produk makanan dan 1 produk minuman. Paket Hemat ini memberikan keuntungan pada pelanggan yaitu harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk.
Paket Hemat (PaHe) terdiri dari :
• PaHe 1 (Cheese Burger dan Medium Drink)
• PaHe 2 (McChicken Burger dan Medium Drink)
• PaHe 3 (Fillet O Fish Burger dan Medium Drink)
• PaHe 4 (Big Mac Burger dan Medium Drink)
• PaHe 5 (Double Cheese Burger dan Medium Drink).
b. Jenis-jenis Burger, yaitu :
• Beef Burger
• Spicy Chicken Burger
• Double Beef Burger
• Big Mac Burger
• Fillet O Fish
• Triple Cheese Burger
• Beef Prosperity
c. Paket Nasi, yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh McDonald's Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.
• PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken, Medium Drink)
• PaNas Spesial (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Medium
Drink)
• PaNas Komplit (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Soup,
Medium Drink).
• French Fries dengan 4 ukuran, yaitu : Regular,
Medium, Large, Super Size
• Hot and Cold Drinks
3.3.2 Price
Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald's tersebut berada.
3.3.3 Place
Berhubungan dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.
3.3.4 Promotion
Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi:
a. Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
b. Advertising, yaitu melalui above the line : kerja
sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang
diadakan oleh mcdonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster,
brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
c.Show Case, yaitu berupa merchandise mcdonald's.
d. Event yang dilaksanakan di mcdonald's yang dapat
dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan
perusahaan-perusahaan lain
3.4 ANALISIS INTERNAL PERUSAHAAN
3.4.1 Analisis laporan keuangan
Pendapatan terkait dengan total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasaan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang mempunyai prospek yang bagus. Secara keseluruhan kondisi Mc Donald meskipun sudah berada dalam keadaan matang tetapi terus melakukan ekspansi untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk.
Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka
aktivitas investasi yang dilakukan dari tahun ke tahun ,tingkat perputaran
modal kerja juga sangat cepat menandakan internal perusahaan berkembang dan
tidak ada dana yang mengangur.Kemudian dari segi pengendalian internal pun tentunya
semakin meningkat di mana perusahaan dapat menarik investor dengan mudah ,ini
dapat di lihat dari meningkatnya uang di bidang aktivitas pembiayaan. Sementara
itu harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukkan bahwa
respon pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global
karena seperti diketahui produk Mc Donald merupakan produk pangan yang telah
menjadi makanan pokok di berbagai Negara.
3.4.2 Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang digunakan oleh McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta.
3.5 ANALISIS EKSTERNAL PERUSAHAAN
3.5.1 Pesaing Perusahaan
a.Burger King
Burger King Corporation adalah rangkaian rumah makan siap saji internasional yang menjual burger, kentang goreng dan minuman ringan. Selain itu mereka juga mengelola sekitar 200 rumah makan di Australia dengan nama Hungry Jack's. Sejarah perusahaan Restoran pertama Burger King dinamai Insta Burger King dan dibuka pada tahun 1954 di Miami, Florida, Amerika Serikat oleh James McLamore dan David Edgerton, keduanya adalah alumni dari Cornell University School of Hotel Administration. Di Indonesia, burger king sempat ditutup pada 1980-an dan dibuka kembali pada April 2007 dengan gerai terbesarnya di Asia Tenggara.
b. KFC
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya.
Pada awal
1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di
Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran
Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak
menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun
1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga
kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi
perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands,
Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.Di Indonesia, pemegang hak
waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang didirikan oleh
Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik
sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober
1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
Sejarah Logo McDonald’s
2 Votes
Dimulai
tahun 1940, sebuah restoran McDonald’s Bar-B-Que dibuka oleh Dick dan Mac
McDonald di Fourtheenth
and E streets, San Bernandino, California, Amerika Serikat.
Tahun
1948, Dick dan Mac McDonald menutup restoran mereka selama 3 bulan. Kemudian
dibuka kembali bulan Desember menjadi restoran dengan konsep self-service drive-in.
Menu makanan dikurangi menjadi hanya 9 macam: hamburger, cheeseburger,
soft drinks,
milk, coffee, potato chips, dan a slice of pie.
Namun pada 1949, potato
chips digantikan oleh French
Fries dan menu ditambah dengan adanya Triple Thick Milkshakes.
Dic
dan Mac McDonald’s memperkenalkan “Speedee Service System” tahun 1948 yang
menjadi dasar bagi pelayanan restoran cepat saji (fast food restaurant)
moderen. Maskot asli restoran McDonald’d adalah Speedee, seorang laki-laki
dengan topi koki di atas kepala yang berbentuk hamburger. Speedee kemudian
digantikan oleh Ronald McDonald, seorang badut yang memakai kostum dan sepatu
bergelembung, tahun 1967, didaftarkan pertama kali menjadi merek dagang Amerika
Serikat.
Tahun
1954, seorang penjual (salesman) Multimixer yaitu Ray Kroc datang ke McDonald’s
untuk menjual barang Multimixernya. Disana, Ray kagum dengan operasional
restoran McDonald’s. Ray mengetahui bahwa kedua
bersaudara McDonald membutuhkan agen waralaba (franchising agent). Kemudian Ray
Kroc berkeyakinan dalam dirinya bahwa masa depannya ada pada hamburgers.
Restoran
McDonald’s milik Kroc pertama kali dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika
Serikat pada 15 April 1955. Restoran tersebut bernuansa warna merah dan putih
yang sangat menarik perhatian. Gedung tersebut juga dihiasi dengan dua
Lengkungan Emas (Golden Arches) yang didesain oleh seorang arsitek Stanley
Meston di tahun 1953. Penjualan hari pertama mencapai $316.12. Dalam kurun
waktu sepuluh tahun jumlah gerai restoran McDonald’s bertambah menjadi lebih dari
700 gerai tersebar di seluruh Amerika Serikat.
Fred
Turner dipekerjakan sebagai Counter
Man restoran McDonald’s di Des Plaines tahun 1956. Fred nantinya
menjadi Chairman McDonald’s. Fred dengan cepat menjadi kepala operasional
McDonald’s yang mendefinisikan kualitas, pelayanan, dan kebersihan yang terus
berlanjut sampai sekarang.
Sejarah
mencatat bahwa pada tahun 1958, McDonald’s telah berhasil menjual hamburgernya
yang ke-seratus juta. Dilanjutkan dengan dibukanya restoran McDonald’s yang
ke-seratus di Fond Du Lac, Wisconsin, Amerika Serikat tahun 1959. Selain
restoran, McDonald’s juga membuka Hamburger University di ruang bawah tanah (basement)
restoran McDonald’s di Elk Grove Village, Illinois, Amerika S erikat tahun
1961. Para lulusan akan mendapatkan gelar Bachelor of Hamburgerology.
Di
tahun 1961 juga McDonald’s mengganti logo Speedee menjadi M Slashed ”M” Logo s
ebagai logo perusahaan. Di tahun ini juga Ray Kroc membeli McDonald’s bersama
hak atas nama McDonald’s sebesar $2,7 juta. McDonald’s pertama kali didaftarkan
menjadi merek dagang Amerika Serikat pada 4 Mei 1961, dideskripsikan sebagai
“Drive-In Restaurant
Serices”.
Kemudian pada 13 September di tahun yang sama,
perusahaan mendaftarkan logonya, yaitu lambang dengan dua lengkungan
me mbentuk huruf “M” (Double Arched “M” Symbol). Lambang dua
lengkungan “M” moderen yang terus digunakan sampai saat ini baru muncul mulai
18 November 1968, saat perusahaan mendaftarkan merek dagang logo tersebut dan
menjadi logo terkenal yang terus digunakan sampai akhir tahun 2009.
McDonald’s
di bawah kendali Ray Kroc mulai berkembang dan berinovasi. Salah satunya
ditunjukkan dengan adanya tempat duduk di dalam restoran McDonald’s yang
pertama kali diadakan di restoran yang berlokasi di Denver, Colorado, Amerika
Serikat. Di bawah Ray Kroc juga, restoran McDonald’s ke-500 dibuka
di Toledo, Ohio, amerika Serikat tahun 1963. Di tahun 1965 juga pertama kalinya
Filet-O-Fish
ditambahkan sebagai menu nasional. Menu ini diciptakan oleh Lou Groen dari
McDonald’s Cincinnati untuk meningkatkan penjualan terhadap komunitas Katolik
Roma dimana komunitas tersebut banyak terdapat di sekitar restoran.
Tahun
1965 merupakan perayaan sepuluh tahun berdirinya McDonald’s ditandai denga n
ditawarkannya saham kepada publik dengan harga $22.50 per lembar saham.
Dilanjutkan dengan pertama kalinya Ronald McDonald tampil dalam iklan komersial
televisi.
Ronald
tampil dengan ”flying hamburger”-(hamburger terbang)nya di saluran televisi NBC
dan jaringan CBS tahun 1966 dan munculnya Ronald kembali pada Parade
Thanksgiving Macy. Ronald menjadi populer.
McDonald’s
terus melakukan pengembangan dengan membuka restoran internasional pertamanya
di Kanada dan Puerto Rico tahun 1967. Hingga kini restoran McDonald’s sudah
tersebar ke 118 negara di seluruh dunia.
Memasuki
tahun 1968, McDonald’s memperkenalkan The Big Mac yang dikembangkan oleh
Pemilik/Pengelola restoran McDonald’s di Pittsburgh Jim Delligatti dan menu
baru ini ditambahkan ke menu nasional McDonald’s. Setelah itu juga
diperkenalkan menu Hot Apple Pie yang dikembangkan oleh pengelola restoran
McDonald’s Knoxville, Litton Cochran, dan kemudian dimasukan ke dalam menu
nasional juga. Di tahun ini juga McDonald’s mulai mendukung gerakan olimpiade
dengan mengirimkan hamburgers kepada atlet Olimpiade Amerika Serikat di
Grenoble, Perancis yang homesick.
Di tahun ini juga restoran McDonald’s yang ke-1000 dibuka di Des Plaines,
Illinois, Amerika Serikat. Desain gedung baru McDonald’s juga diperkenalkan di
tahun ini. Desain baru ini bernama The
new McDonald’s mansard roof untuk menggantikan desain The red and white.
Tidak hanya gedung, tahun 1969 logo McDonald’s juga diperbaharui menjadi Golden Arches.
Tahun
1971 Ronald McDonald’s mendapat ‘teman’ baru, yaitu Hamburglar, Grimace, Mayor
McCheese, Captain Crook, dan si Big Mac, mereka semua bergabung dengan Ronald
di McDonaldland. Kemudian diperkenalkan juga theme
iklan “You eserve a Break Today”. Theme
ini pertama kali muncul pada iklan terkenal “Clean” atau “Bucket
and Mop” yang menampilkan kru McDonald’s membersihkan restorannya.
Tahun
1973 diperkenalkanlah Quarter
Punder dan Quarter
Pounder with Cheese dan ditambahkan ke dalam menu McDonald’s.
Setelah itu, setahun kemudian dibukalah Rumah Ronald McDonald’s (Ronald
McDonald’s House)
yang pertama di Philadelphia, Pennsylvannia, Amerika Serikat. Tahun ini juga jingle Big Mac
diluncurkan yaitu:
”twoallbeefpatties
special sauceletucechees epicklesonionson asesammeseedbun”.
Di
tahun 1975 dibuatlah The Egg McMuffin yang dibuat oleh Herb Peterson,
pengelola/pemilik McDonald’s Santa Barbara, California, Amerika Serikat dan
ditambahkan ke menu nasional. Di tahun ini juga pertama kalinya Drive-Thru dibuka di
Sierra Vista, Arizona, Amerika Serikat. Hal ini terinspirasi dari dilarangnya
tentara dekat Fort Huachuca keluar dari mobil dengan seragam tentara. Kemudian drive-thru ditambah di
Georgia dan Oklahoma City.
Tahun
1977 pertama kalinya dibentuk McDonald’s
All American High School Basketball Team dipilih. Salah satu pemain
yang dipilih adalah mantan bintang NBA Earvin “Magic” Johnson. Kemudian tahun
1978 dibukalah restoran McDonald’s ke-5000 di Kanagawa, Jepang. Setahun
kemudian diperkenalkanlah Happy Meals yang menampilkan theme sebuah kendaraan
sirkus. Tahun 1980 menjadi tahun perayaan ulang tahun ke-25 McDonalds dan di
tahun ini juga dibuka gerai restoran McDonald’s ke-6000 di Muenchen, Jerman.
Tahun 1981 dibukalah restoran internasional di Spanyol, Denmark, dan Filipina.
Di tahun 1983 restoran McDonald’s sudah ada di 32 negara dan terdapat 7.778
restoran di akhir tahun. Kemudian dibukalah Hamburger University yang baru di
Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat. Di tahun ini juga diperkenalkanlah menu Chicken McNuggets ke
seluruh restoran domestik.
Tanggal
14 Januari 1984 Ray Kroc meninggal dunia. Di tahun ini juga McDonald’s dan
waralabanya menyediakan dana untuk membangun Stadium Renang Olimpiade di Los
Angeles, Maerika Serikat. Bulan Juli tahun 1984, McDonald’s memperkenalkan theme iklan baru ”It’s
a Good Time for the Great Taste of McDonald’s.”
15
April 1985 McDonald’s merayakan ulang tahun operasionalnya yang ke 30. Kemudian
di tahun ini juga restoran pertama McDonald’s milik Ray Kroc di Des Plaines
direstorasi ke bentuk aslinya dan dibuka kembali bulan Mei menjadi McDonald’s #1 Store Museum. Tahun 1987 Freshly tossed salads
ditambahkan sebagai menu nasional McDonald’s pada tanggal 15 Mei. Di tahun
1988, Majalah Fortune menyebut hamburger McDonald’s diantara 100 produk Amerika
terbaik. Tanggal 6 April 1988 McDonald’s membuka restorannya yang ke-10.000 di
Dale City, Virginia, Amerika Serikat. Dilanjutkan dengan dibukanya restoran
pertama McDonald’s di Moskow, Rusia tanggal 31 Januari 1990. Di tahun ini juga
pendiri Perusahaan McDonald’s, Ray Kroc, sebagai salah satu orang dari “100
Most Important Americans of the 20th Century” (100 orang Amerika
terpenting di abad 20).
Restoran
McDonald’s pertama di Indonesia dibuka di Sarinah, Thamrin, Jakarta pada 23
Februari 1991. Pembukaan restoran di Warsawa, Polandia memecahkan rekor penjualan
hari pembukaan, hal ini terjadi tahun 1992. Tahun 1995 diperkenalkanlah theme “Have You Had
Your Break Today?”. Setahun kemudian pertama kalinya McDonald’s Corporate
meluncurkan situs perusahaan mereka yaitu McDonalds.com. Setahun kemudian theme “Did Somebody
Say McDonald’s?” ditambahkan. Di tahun 1997 ini juga Chicken McGrill dan Crispy
Chicken ditambahkan ke menu di Amerika Serikat.
Pada
16 Februari 2001 McDonald’s memperkenalkan Big N’ Tasty. Dilanjutkan dengan Premium Salads tahun
2003. McDonald’s juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan
dibukanya restoran pertama McDonald’s yang bebas Hydroflurocarbon (HFC) di
Velje, Denmark tahun 2003. Di tahun ini juga dperkenalkan McGriddles menjadi
menu nasional. Kampanye global McDonald’s ”i’m lovin’ it” pertama kali
diluncurkan pada 2 September 2003 di Muenchen, Jerman.
Tahun
2004 Happy Meal merayakan ulang tahun ke-25nya. Kemudian dilanjutkan dengan
perayaan 50 tahun McDonald’s tanggal 15 April 2005. Setahun kemudian Snack Wrap diperkenalkan
di Amerika Serikat. McDonald’s menambahkan informasi nutrisi di setiap kemasan
makanannya untuk Olimpiade Musim Dingin Torino 2006. McDonald’s juga
memperbaharui kemasannya untuk keperluan global di tahun 2007 namun setahun
kemudian didesain ulang setahun kemudian dan menjadi kemasan yang paling
komprehensif sepanjang sejarah McDonald’s.
Pada
22 Mei 2008 McDonald’s mengumumkan bahwa semua produk makanan ayamnya,
Fillet-O-Fish, Hash Browns, dan French Fries yang terkenal disajikan di seluruh
restoran McDonald’s di Amerika sekarang 0 gram trans fat per penyajian. McDonald’s China
membuka restoran yang ke-1000 di Dongguan, Guangdong, China. Pada 5 Mei 2009
kopi McCafe termasuk latte, cappuccino, dan mocha ditambahkan ke menu nasional.
Kemudian diperkenalkan juga burger Angus Third Pounder pada 2 Juli 2009 dengan
3 pilihan: Mushroom & Swiss, Bacon & Cheese, dan the Deluxe. Tahun 2009
juga McDonald’s Corporation Campus Office Building mendapatkan salah satu
penghargaan bergengsi Green Building; LEED-EB Platinum. Tahun ini juga Mac
Snack Wrap ditambahkan ke Snack Wrap. Kemudian tahun 2010 McDonald’s Amerika
memberikan fasilitas bebas Wi-Fi di 11.000 restorannya serta beberapa restoran
di seluruh dunia.
PROFIL PERUSAHAAN
DOSEN :
IBU . FARHANA.DRA
DISUSUN OLEH :
HELMY CHIMON
NIM
1005010098
KELAS
4C
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYEKH YUSUF TANGERANG
2012
Sip...Sip...
BalasHapusTrimakasih informasinya ^^
BalasHapuscukup membantu buat tugas kuliah Hihi :D
Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Kamarudin seorang TKI DI Malaysia pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet, mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran toto magnum angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor 085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: SITUS RESMI AKI WOWO
BalasHapusiiiihhhhhhh terimakasih banget kak . saya juga anak unis, dpt tugas juga dari ibu farhana .
BalasHapusApabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical