Senin, 14 Mei 2012

Profil Perusahaan McDonald's


Profil Perusahaan
Restoran ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald's pada tahun 1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu McDonald's hanya merupakan restoran Drive In yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan.
Fokus pengembangannya adalah pada kecepatan pelayanan yang diharapkan akan meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu The Golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancang neonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald's. Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada bisnis Drive In dan McDonald's bersaudara ini mengalami kesulitan dalam berorganisasi dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.
Dan saat itulah mereka bertemu dengan seseorang yang bernama Ray Kroc. Ray Kroc lah yang membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep fast food.
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba).
Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan yang akan berliansi. Jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an, produk-produk burger McDonald's yang merupakan produk-produk fast food, didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's ini mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian.
Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu lemak dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion 0,23 ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis, Kroc juga memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. Sistem inilah yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Untuk itulah profesionalisme harus diterapkan. Dalam paradigma yang baru setiap operator dan pewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen professional.
Maka pada tahun 1961, Kroc meluncurkan program pelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality, Service, Cleanliness, and Value). Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200 restoran di seluruh Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc telah membeli saham perusahaan dari McDonald's bersaudara dengan hampir senilai US$ 3.000.000,00.
Perusahaan fast food McDonald's ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini McDonald's Corporation bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar di dunia.



2. McDonald’s Indonesia

Restoran McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.
Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA.

3 foto pendiri McDonald's

Dick McDonald

            Mac McDonald


Ray Kroc




3.2 VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN

3.2.1 Visi Perusahaan

Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :

a.Untuk McDonald's Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b.Untuk Pelanggan Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c.Untuk Komunitas DiSekitar McDonald's Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
d.Untuk Pemilik Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e.Untuk Karyawan Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.

f.Untuk Suppliers Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g.Untuk Pemegang Saham Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini.
h.Untuk Alliance Partners Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.

3.2.2 Misi Perusahaan

Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.

3.2.3 Tujuan Perusahaan

Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d. Restorandimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.





3.3 MARKETING MIX PERUSAHAAN

3.3.1 Produk

McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah perincian produk yang ditawarkan :

a. Paket Hemat (PaHe), yaitu merupakan paket yang terdiri dari 1 produk makanan dan 1 produk minuman. Paket Hemat ini memberikan keuntungan pada pelanggan yaitu harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk.

Paket Hemat (PaHe) terdiri dari :

• PaHe 1 (Cheese Burger dan Medium Drink)
• PaHe 2 (McChicken Burger dan Medium Drink)
• PaHe 3 (Fillet O Fish Burger dan Medium Drink)
• PaHe 4 (Big Mac Burger dan Medium Drink)
• PaHe 5 (Double Cheese Burger dan Medium Drink).

b. Jenis-jenis Burger, yaitu :

• Beef Burger
• Spicy Chicken Burger
• Double Beef Burger
• Big Mac Burger
• Fillet O Fish
• Triple Cheese Burger
• Beef Prosperity

c. Paket Nasi, yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh McDonald's Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

• PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken, Medium Drink)
• PaNas Spesial (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Medium Drink)
• PaNas Komplit (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Soup, Medium Drink).
• French Fries dengan 4 ukuran, yaitu : Regular, Medium, Large, Super Size
• Hot and Cold Drinks

3.3.2 Price

Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald's tersebut berada.




3.3.3 Place

Berhubungan dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.

3.3.4 Promotion

Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi:

a. Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
b. Advertising, yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh mcdonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
c.Show Case, yaitu berupa merchandise mcdonald's.
d. Event yang dilaksanakan di mcdonald's yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain
 
3.4 ANALISIS INTERNAL PERUSAHAAN

3.4.1 Analisis laporan keuangan

Pendapatan terkait dengan total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasaan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang mempunyai prospek yang bagus. Secara keseluruhan kondisi Mc Donald meskipun sudah berada dalam keadaan matang tetapi terus melakukan ekspansi untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka aktivitas investasi yang dilakukan dari tahun ke tahun ,tingkat perputaran modal kerja juga sangat cepat menandakan internal perusahaan berkembang dan tidak ada dana yang mengangur.Kemudian dari segi pengendalian internal pun tentunya semakin meningkat di mana perusahaan dapat menarik investor dengan mudah ,ini dapat di lihat dari meningkatnya uang di bidang aktivitas pembiayaan. Sementara itu harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukkan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti diketahui produk Mc Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai Negara.

3.4.2 Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang digunakan oleh McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta.

3.5 ANALISIS EKSTERNAL PERUSAHAAN

3.5.1 Pesaing Perusahaan

a.Burger King

Burger King Corporation adalah rangkaian rumah makan siap saji internasional yang menjual burger, kentang goreng dan minuman ringan. Selain itu mereka juga mengelola sekitar 200 rumah makan di Australia dengan nama Hungry Jack's. Sejarah perusahaan Restoran pertama Burger King dinamai Insta Burger King dan dibuka pada tahun 1954 di Miami, Florida, Amerika Serikat oleh James McLamore dan David Edgerton, keduanya adalah alumni dari Cornell University School of Hotel Administration. Di Indonesia, burger king sempat ditutup pada 1980-an dan dibuka kembali pada April 2007 dengan gerai terbesarnya di Asia Tenggara.

b. KFC

KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya.

Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.




Sejarah Logo McDonald’s


2 Votes
McDonald's Bar-B-Que
Dimulai tahun 1940, sebuah restoran McDonald’s Bar-B-Que dibuka oleh Dick dan Mac McDonald di Fourtheenth and E streets, San Bernandino, California, Amerika Serikat.
Tahun 1948, Dick dan Mac McDonald menutup restoran mereka selama 3 bulan. Kemudian dibuka kembali bulan Desember menjadi restoran dengan konsep self-service drive-in. Menu makanan dikurangi menjadi hanya 9 macam: hamburger, cheeseburger, soft drinks, milk, coffee, potato chips, dan a slice of pie. Namun pada 1949, potato chips digantikan oleh French Fries dan menu ditambah dengan adanya Triple Thick Milkshakes.
mcdonald's logo
Dic dan Mac McDonald’s memperkenalkan “Speedee Service System” tahun 1948 yang menjadi dasar bagi pelayanan restoran cepat saji (fast food restaurant) moderen. Maskot asli restoran McDonald’d adalah Speedee, seorang laki-laki dengan topi koki di atas kepala yang berbentuk hamburger. Speedee kemudian digantikan oleh Ronald McDonald, seorang badut yang memakai kostum dan sepatu bergelembung, tahun 1967, didaftarkan pertama kali menjadi merek dagang Amerika Serikat.
Tahun 1954, seorang penjual (salesman) Multimixer yaitu Ray Kroc datang ke McDonald’s untuk menjual barang Multimixernya. Disana, Ray kagum dengan operasional restoran McDonald’s. Ray mengetahui bahwa kedua bersaudara McDonald membutuhkan agen waralaba (franchising agent). Kemudian Ray Kroc berkeyakinan dalam dirinya bahwa masa depannya ada pada hamburgers.
http://www.siapalagi.com/uploads/images/des_plaines_1st.jpg
Restoran McDonald’s milik Kroc pertama kali dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada 15 April 1955. Restoran tersebut bernuansa warna merah dan putih yang sangat menarik perhatian. Gedung tersebut juga dihiasi dengan dua Lengkungan Emas (Golden Arches) yang didesain oleh seorang arsitek Stanley Meston di tahun 1953. Penjualan hari pertama mencapai $316.12. Dalam kurun waktu sepuluh tahun jumlah gerai restoran McDonald’s bertambah menjadi lebih dari 700 gerai tersebar di seluruh Amerika Serikat.
Fred Turner dipekerjakan sebagai Counter Man restoran McDonald’s di Des Plaines tahun 1956. Fred nantinya menjadi Chairman McDonald’s. Fred dengan cepat menjadi kepala operasional McDonald’s yang mendefinisikan kualitas, pelayanan, dan kebersihan yang terus berlanjut sampai sekarang.
Hamburger University
Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1958, McDonald’s telah berhasil menjual hamburgernya yang ke-seratus juta. Dilanjutkan dengan dibukanya restoran McDonald’s yang ke-seratus di Fond Du Lac, Wisconsin, Amerika Serikat tahun 1959. Selain restoran, McDonald’s juga membuka Hamburger University di ruang bawah tanah (basement) restoran McDonald’s di Elk Grove Village, Illinois, Amerika S erikat tahun 1961. Para lulusan akan mendapatkan gelar Bachelor of Hamburgerology.






Logo mcdonald's setelah   speedee
Di tahun 1961 juga McDonald’s mengganti logo Speedee menjadi M Slashed ”M” Logo s ebagai logo perusahaan. Di tahun ini juga Ray Kroc membeli McDonald’s bersama hak atas nama McDonald’s sebesar $2,7 juta. McDonald’s pertama kali didaftarkan menjadi merek dagang Amerika Serikat pada 4 Mei 1961, dideskripsikan sebagai “DrivMcD   Logoe-In Restaurant Serices”.
 Kemudian pada 13 September di tahun yang sama, perusahaan mendaftarkan logonya, yaitu lambang dengan dua lengkungan me mbentuk huruf “M” (Double Arched  “M” Symbol). Lambang dua lengkungan “M” moderen yang terus digunakan sampai saat ini baru muncul mulai 18 November 1968, saat perusahaan mendaftarkan merek dagang logo tersebut dan menjadi logo terkenal yang terus digunakan sampai akhir tahun 2009.
McDonald’s di bawah kendali Ray Kroc mulai berkembang dan berinovasi. Salah satunya ditunjukkan dengan adanya tempat duduk di dalam restoran McDonald’s yang pertama kali diadakan di restoran yang berlokasi di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Di bawah Ray Kroc juga, restoran McDonald’s   ke-500 dibuka di Toledo, Ohio, amerika Serikat tahun 1963. Di tahun 1965 juga pertama kalinya Filet-O-Fish ditambahkan sebagai menu nasional. Menu ini diciptakan oleh Lou Groen dari McDonald’s Cincinnati untuk meningkatkan penjualan terhadap komunitas Katolik Roma dimana komunitas tersebut banyak terdapat di sekitar restoran.
Ronald  McDonald 
Tahun 1965 merupakan perayaan sepuluh tahun berdirinya McDonald’s ditandai denga n  ditawarkannya saham kepada publik dengan harga $22.50 per lembar saham. Dilanjutkan dengan pertama kalinya Ronald McDonald tampil dalam iklan komersial televisi.
Ronald tampil dengan ”flying hamburger”-(hamburger terbang)nya di saluran televisi NBC dan jaringan CBS tahun 1966 dan munculnya Ronald kembali pada Parade Thanksgiving Macy. Ronald menjadi populer.
McDonald’s terus melakukan pengembangan dengan membuka restoran internasional pertamanya di Kanada dan Puerto Rico tahun 1967. Hingga kini restoran McDonald’s sudah tersebar ke 118 negara di seluruh dunia.
Memasuki tahun 1968, McDonald’s memperkenalkan The Big Mac yang dikembangkan oleh Pemilik/Pengelola restoran McDonald’s di Pittsburgh Jim Delligatti dan menu baru ini ditambahkan ke menu nasional McDonald’s. Setelah itu juga diperkenalkan menu Hot Apple Pie yang dikembangkan oleh pengelola restoran McDonald’s Knoxville, Litton Cochran, dan kemudian dimasukan ke dalam menu nasional juga. Di tahun ini juga McDonald’s mulai mendukung gerakan olimpiade dengan mengirimkan hamburgers kepada atlet Olimpiade Amerika Serikat di Grenoble, Perancis yang homesick. Di tahun ini juga restoran McDonald’s yang ke-1000 dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat. Desain gedung baru McDonald’s juga diperkenalkan di tahun ini. Desain baru ini bernama The new McDonald’s mansard roof untuk menggantikan desain The red and white. Tidak hanya gedung, tahun 1969 logo McDonald’s juga diperbaharui menjadi Golden Arches.
Tahun 1971 Ronald McDonald’s mendapat ‘teman’ baru, yaitu Hamburglar, Grimace, Mayor McCheese, Captain Crook, dan si Big Mac, mereka semua bergabung dengan Ronald di McDonaldland. Kemudian diperkenalkan juga theme iklan “You eserve a Break Today”.  Theme ini pertama kali muncul pada iklan terkenal “Clean” atau “Bucket and Mop” yang menampilkan kru McDonald’s membersihkan restorannya.
Tahun 1973 diperkenalkanlah Quarter Punder dan Quarter Pounder with Cheese dan ditambahkan ke dalam menu McDonald’s. Setelah itu, setahun kemudian dibukalah Rumah Ronald McDonald’s (Ronald McDonald’s House) yang pertama di Philadelphia, Pennsylvannia, Amerika Serikat. Tahun ini juga jingle Big Mac diluncurkan yaitu:
”twoallbeefpatties special sauceletucechees epicklesonionson asesammeseedbun”.
Di tahun 1975 dibuatlah The Egg McMuffin yang dibuat oleh Herb Peterson, pengelola/pemilik McDonald’s Santa Barbara, California, Amerika Serikat dan ditambahkan ke menu nasional. Di tahun ini juga pertama kalinya Drive-Thru dibuka di Sierra Vista, Arizona, Amerika Serikat. Hal ini terinspirasi dari dilarangnya tentara dekat Fort Huachuca keluar dari mobil dengan seragam tentara. Kemudian drive-thru ditambah di Georgia dan Oklahoma City.
Tahun 1977 pertama kalinya dibentuk McDonald’s All American High School Basketball Team dipilih. Salah satu pemain yang dipilih adalah mantan bintang NBA Earvin “Magic” Johnson. Kemudian tahun 1978 dibukalah restoran McDonald’s ke-5000 di Kanagawa, Jepang. Setahun kemudian diperkenalkanlah Happy Meals yang menampilkan theme sebuah kendaraan sirkus. Tahun 1980 menjadi tahun perayaan ulang tahun ke-25 McDonalds dan di tahun ini juga dibuka gerai restoran McDonald’s ke-6000 di Muenchen, Jerman. Tahun 1981 dibukalah restoran internasional di Spanyol, Denmark, dan Filipina. Di tahun 1983 restoran McDonald’s sudah ada di 32 negara dan terdapat 7.778 restoran di akhir tahun. Kemudian dibukalah Hamburger University yang baru di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat. Di tahun ini juga diperkenalkanlah menu Chicken McNuggets ke seluruh restoran domestik.
Tanggal 14 Januari 1984 Ray Kroc meninggal dunia. Di tahun ini juga McDonald’s dan waralabanya menyediakan dana untuk membangun Stadium Renang Olimpiade di Los Angeles, Maerika Serikat. Bulan Juli tahun 1984, McDonald’s memperkenalkan theme iklan baru ”It’s a Good Time for the Great Taste of McDonald’s.”
15 April 1985 McDonald’s merayakan ulang tahun operasionalnya yang ke 30. Kemudian di tahun ini juga restoran pertama McDonald’s milik Ray Kroc di Des Plaines direstorasi ke bentuk aslinya dan dibuka kembali bulan Mei menjadi McDonald’s #1 Store Museum. Tahun 1987 Freshly tossed salads ditambahkan sebagai menu nasional McDonald’s pada tanggal 15 Mei. Di tahun 1988, Majalah Fortune menyebut hamburger McDonald’s diantara 100 produk Amerika terbaik. Tanggal 6 April 1988 McDonald’s membuka restorannya yang ke-10.000 di Dale City, Virginia, Amerika Serikat. Dilanjutkan dengan dibukanya restoran pertama McDonald’s di Moskow, Rusia tanggal 31 Januari 1990. Di tahun ini juga pendiri Perusahaan McDonald’s, Ray Kroc, sebagai salah satu orang dari “100 Most Important Americans of the 20th Century” (100 orang Amerika terpenting di abad 20).


Restoran McDonald’s pertama di Indonesia dibuka di Sarinah, Thamrin, Jakarta pada 23 Februari 1991. Pembukaan restoran di Warsawa, Polandia memecahkan rekor penjualan hari pembukaan, hal ini terjadi tahun 1992. Tahun 1995 diperkenalkanlah theme “Have You Had Your Break Today?”. Setahun kemudian pertama kalinya McDonald’s Corporate meluncurkan situs perusahaan mereka yaitu McDonalds.com. Setahun kemudian theme “Did Somebody Say McDonald’s?” ditambahkan. Di tahun 1997 ini juga Chicken McGrill dan Crispy Chicken ditambahkan ke menu di Amerika Serikat.
Pada 16 Februari 2001 McDonald’s memperkenalkan Big N’ Tasty. Dilanjutkan dengan Premium Salads tahun 2003. McDonald’s juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan dibukanya restoran pertama McDonald’s yang bebas Hydroflurocarbon (HFC) di Velje, Denmark tahun 2003. Di tahun ini juga dperkenalkan McGriddles menjadi menu nasional. Kampanye global McDonald’s ”i’m lovin’ it” pertama kali diluncurkan pada 2 September 2003 di Muenchen, Jerman.
Tahun 2004 Happy Meal merayakan ulang tahun ke-25nya. Kemudian dilanjutkan dengan perayaan 50 tahun McDonald’s tanggal 15 April 2005. Setahun kemudian Snack Wrap diperkenalkan di Amerika Serikat. McDonald’s menambahkan informasi nutrisi di setiap kemasan makanannya untuk Olimpiade Musim Dingin Torino 2006. McDonald’s juga memperbaharui kemasannya untuk keperluan global di tahun 2007 namun setahun kemudian didesain ulang setahun kemudian dan menjadi kemasan yang paling komprehensif sepanjang sejarah McDonald’s.
Pada 22 Mei 2008 McDonald’s mengumumkan bahwa semua produk makanan ayamnya, Fillet-O-Fish, Hash Browns, dan French Fries yang terkenal disajikan di seluruh restoran McDonald’s di Amerika sekarang 0 gram trans fat per penyajian. McDonald’s China membuka restoran yang ke-1000 di Dongguan, Guangdong, China. Pada 5 Mei 2009 kopi McCafe termasuk latte, cappuccino, dan mocha ditambahkan ke menu nasional. Kemudian diperkenalkan juga burger Angus Third Pounder pada 2 Juli 2009 dengan 3 pilihan: Mushroom & Swiss, Bacon & Cheese, dan the Deluxe. Tahun 2009 juga McDonald’s Corporation Campus Office Building mendapatkan salah satu penghargaan bergengsi Green Building; LEED-EB Platinum. Tahun ini juga Mac Snack Wrap ditambahkan ke Snack Wrap. Kemudian tahun 2010 McDonald’s Amerika memberikan fasilitas bebas Wi-Fi di 11.000 restorannya serta beberapa restoran di seluruh dunia.






PROFIL PERUSAHAAN
McDonald’s
DOSEN :
IBU . FARHANA.DRA
DISUSUN OLEH :
HELMY CHIMON

NIM

1005010098

KELAS

4C

FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYEKH YUSUF TANGERANG
2012


5 komentar:

  1. Trimakasih informasinya ^^
    cukup membantu buat tugas kuliah Hihi :D

    BalasHapus
  2. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Kamarudin seorang TKI DI Malaysia pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet, mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran toto magnum angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor 085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: SITUS RESMI AKI WOWO

    BalasHapus
  3. iiiihhhhhhh terimakasih banget kak . saya juga anak unis, dpt tugas juga dari ibu farhana .

    BalasHapus
  4. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus